Apa Itu VPN, Cara Kerja, dan Manfaat Menggunakan VPN

apa-itu-vpn

Baru-baru ini VPN (Virtual Private Network) sudah banyak digunakan pada masyarakat luas, tetapi pada jaman dulu VPN digunakan hanya sebagai jembatan koneksi jaringan antar gedung atau kantor bertujuan agar jaringan aman dan jaringan dapat diakses dirumah atau dimana saja. Dan apa itu VPN?.

Apa Itu VPN?
apa-itu-vpn
apa itu vpn

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah layanan koneksi yang memungkinkan anda dapat mengakses sebuah jaringan dengan aman (secure) dan dengan melakukan pertukaran data yang disembunyikan atau terenkripsi pada data pribadi.

Ingin mengenal apa itu VPN lebih jauh? Simak cara kerja dari VPN dibawah ini.

Cara Kerja VPN

Setelah mengetahui apa itu VPN kali ini tentang cara kerja dari VPN. Cara kerja sederhana dari VPN bisa diambil dari perumpamaan berikut. Ketika anda menggunakan koneksi VPN ada lorong didalam lorong didalam sebuah jaringan, jadi seperti membuat jaringan khusus didalam suatu jaringan atau yang biasa disebut Tunnel. VPN sendiri menggunakan 3 teknologi dari tunnel yaitu ; PPTP, L2TP, dan IPSec.

Jadi tugas dari server VPN yang digunakan yaitu hanya sebagai perantara untuk ke situs yang anda akses, jadi koneksi yang dikenali dijaringan yaitu server VPN anda.

Perbedaan menggunakan VPN atau tidak apa saja?

Ketika anda menggunakan koneksi tanpa adanya koneksi VPN maka secara langsung koneksi yang digunakan tidak terenkripsi atau terjaga. Sedangkan ketika menggunakan koneksi VPN koneksi yang digunakan akan terenkripsi.

Manfaat Menggunakan Koneksi VPN

Setelah memahami apa itu vpn dan cara kerja vpn kali ini beberapa manfaat menggunakan koneksi VPN. Menggunakan VPN ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan, diantaranya :

  • Histori Aktivitas Dalam Jaringan Lebih Aman
    Pada saat anda menggunakan koneksi VPN, jangan khawatir! Karena dengan menggunakan koneksi VPN segala aktivitas kamu akan terenkripsi yang artinya aman dari orang-orang tidak bertanggung jawab. Sangat berguna sekali ketika anda ingin menyelesaikan sesuatu yang bersifat privasi yang mengandung hak cipta.
  • Membuka Situs yang diblockir
    Situs yang diblockir bisa dikunjungi dengan adanya koneksi vpn, tetapi tergantung koneksi negara VPN tersebut. Misalnya biasanya situs-situs diblockir pada saat jam kerja/kantor maka dengan VPN bisa anda gunakan. Gunakan VPN dengan bijak ya!

Catatan!

Tidak ada yang namanya yang benar-benar aman ya ketika anda menggunakan VPN gratis ataupun sekaligus internet, pilihlah sekiranya VPN yang menurutmu/menurut komunitas yang benar-benar aman.

 

Berikut adalah penjelasan tentang apa itu VPN, dan penjelasan lainnya mengenai apa itu VPN. Semoga bisa bermanfaat dan gunakan dengan bijak yaa.

Baca Juga : Cara Menggunakan VPN Premium Gratis 7 Hari di PC

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.