Cara Flashing Vivo Y15 Dengan SP Flash Tool di PC

cara-flashing-vivo-y15

Cara Flashing Vivo Y15

Flashing biasa digunakan untuk ponsel yang biasanya bootloop ( mentok dilogo ) pada saat menyalakan ponsel tersebut. Biasanya bagi yang belum mengetahui cara mengatasinya pasti akan sangat menjengkelkan/panik karena ponsel tersebut tidak mau booting.

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara flashing vivo y15, kita harus mengetahui dulu nih penyebab terjadinya bootloop pada ponsel anda. Memang saat ini banyak yang mengeluhkan bootloop yang saya ketahui, ternyata ada hal yang membuat ponsel kamu bootloop.

yuk simak dibawah ini.

Penyebab bootloop apa aja sih?

Penyebab yang mengakibatkan ponsel anda menjadi bootloop dikarenakan 4 sebab berikut :

  1. Pada saat kesalahan flashing custom ROM

    kegagalan saat flashing juga berakibat bootloop ponsel anda. Pada dasarnya flashing custom ROM bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi dan mengganti isi data pada ROM. Kegagalan tersebut dikarenakan terjadi dalvik-cavhe yaitu dimana data sebelumnya belum terhapus tetapi sudah ditimpa data-data yang baru yang mengakibatkan bootloop ponsel anda. Maka dari itu hati-hati ketika flashing ROM.

  2. Salah mengatur permission

    Apa itu mengatur permission? yaitu dimana suatu aplikasi mengakses data-data informasi personal dari ponsel anda seperti lokasi, galeri, kontak dll. Maka dari itu perlu diperhatikan ketika mengatur permission agar tidak terjadinya bootloop pada ponsel anda.

  3. Modifikasi Sistem/root sistem

    Pengguna ponsel pada umumnya hanya menjadi user dan bukan SUPER USER. Nah super user inilah yang memegang kendali untuk melakukan root sistem android anda yang mengakibatkan ketidak stabilan pada sistem android yang akhirnya mengalami bootloop.

  4. Restore system backup

Masalah ini sama halnya dengan nomor 1 yaitu dikarenakan dalvik-cavhe belum terhapus yang mengakibatkan bootloopnya ponsel anda.

Oke diatas sudah dibahas tentang apa saja yang membuat ponsel anda bootloop dan sekarang kita lanjut membahas bagaimana cara flashing vivo y15.

 

Tetapi ada satu catatan sebelum melakukan flashing minimal batre anda terisi 10% untuk melakukan flashing menggunakan sp flash tool di pc. dan flashing sangat beresiko gagal yang tidak terduga maka semua tergantung keputusan anda.

Bahan yang harus disiapkan

Sebelum melakukan flash vivo y15 kita harus persiapkan bahan untuk flashing. Berikut :

  1. Laptop/PC Sistem Operasi Windows
  2. USB ( Usahakan jangan digoyangkan kabel USB apabila port USB sedikit kendor )
  3. Buat folder di partisi D: atau E: ( Selain partisi C: ) untuk menampung bahan flashing
  4. Siapkan dan download Firmware Vivo Y15, lalu ekstrak ditaro folder flashing yang tadi anda buat
  5. Siapkan dan download SP Flash Tool, lalu ekstrak ditaro folder flashing disini
  6. Download dan install USB Driver mediatek disini

Setelah semua bahan siap maka proses flashing siap dilakukan. Simak tutorial dibawah ini :

1. Jalankan tool SP Flash Tool nya


cara flashing vivo y15

2. Kemudian dibagian ini pilih scatter nya dengan cara dibawah ini

flash vivo y15


3. Setelah file scatter dimasukan, lanjut samakan centang box yangsama seperti gambar dibawah ini. dan hilangkan centang pada bagian ‘preloader’


cara flashing vivo y15

4. Setelah semuanya sama, lalu klik tombol download.


bootloop vivo y15

5. Selanjutnya hubungkan vivo y15 dengan kabel USB sambil menekan volume + sampai vivo y15 kedeteksi di pc/laptop anda. Proses flashing berjalan maka muncul proses download dibawah.


6. Jika proses flashing telah selesai dan berhasil maka akan muncul gambar ceklis berwarna hijau.


7. Setelah itu cabut kabel USB dari pc anda, lalu nyalakan HP Vivo Y15 anda. Proses booting pertama memang membutuhkan waktu yang agak lama.


8. Oke sekarang telah selesai flash vivo y15.


Proses flash vivo y15 telah selesai, dan selamat yang sudah berhasil..
Sekian semoga bermanfaat. Jangan lupa sharenya yaa…

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.