Apa itu Subnetting dan Cara Menghitung ip Address (Subnetting)

cara subnetting

Cara Menghitung ip Address atau Cara Subnetting sudah sering dilakukan pada network engineering. Kali ini kita akan mengupas tentang cara subnetting untuk membangun suatu jaringan LAN, MAN, ataupun WAN.

Jika kalian menggunakan konsep subnetting pada materi cisco, maka pembahasan ini sangat tepat bila kamu ingin belajar subnetting atau ingin mengikuti pelatihan cisco CCNA. dan penulis sendiri lulusan SMK Jaringan ingin membagikan tentang cara  menghitung ip Address atau cara subnetting. Sebelum kalian masuk ke cara subnetting kalian harus pahami dulu konsep dari subnetting.

Apa itu Subnetting?

SubJaringan atau Subnetwork merupakan suatu pembagian atau pengelompokan jaringan komputer menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Dalam membahas apa itu subnetting, subnetting bisa dianalogikan seperti ini, dalam suatu jaringan yang besar/dalam suatu negara terdapat banyak warga yang ingin menempati tempat tinggal di negara tersebut.

Lalu bagaimana cara mengaturnya agar warga tersebut tidak semrawut/asal-asalan dalam membangun tempat tinggal? caranya yaitu di petakan dengan dibagi menjadi beberapa wilayah, seperti dibagi per provinsi yang bisa kita ibaratkan kelas C, dan misalkan warga berkembang dan bertambah banyak bisa dibagi lagi menjadi per kota yang bisa kita ibaratkan kelas B, dan jika warganya makin bertambah banyak lagi bisa kita bagi lagi menjadi perkelurahan kita ibaratkan seperti kelas A. Seperti inilah konsep dari subnetting.

Jadi konsep ini sebenarnya memudahkan pengelolaan dalam mengatasi sebuah permasalahan berapa banyak kebutuhan jaringan yang diperlukan.

Masih mengikuti dengan analogi diatas, bahwa Gang itu kita ansumsikan sebagai Subnet, dan setiap subnet memiliki Host ID dan Broadcast Address. Lalu apa yang dimaksud dengan Subnet Mask? Subnet Mask berfungsi sebagai untuk mengetahui seberapa panjang jalanan yang bisa ditampung oleh network dan hostnya.

Cara Menghitung ip Address ( Cara Subnetting )

Setelah mengetahui tentang konsep subnetting maka selanjutnya yaitu cara subnetting untuk pembagian ip address. Perlu di ingat bahwa cara subnetting mencakup beberapa bagian yang harus dihitung yaitu ; Jumlah Subnet, jumlah host persubnet, blok subnet dan Broadcast.

Saya akan buatkan khusus artikel tentang cara pembagian IP Address setiap host ( Subnetting.

 

 

 

 

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.