Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

gizi seimbang ibu hamil

Kebutuhan gizi ibu hamil dan ibu menyusui

Gizi seimbang merupakan kebutuhan gizi yang akan di konsumsi untuk si bayi sehingga perlu memerhatikan zat gizi apa yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui untuk kesehatan si ibu dan si janin, serta buah hatinya agar selalu tetap sehat dan agar tidak mengalami BBLR bayi pada ibu hamil.

gizi seimbang ibu hamil dan menyusui
Pada ibu hamil selama mengalami masa kehamilan akan mengalami meningkatnya metabolisme energi sehingga ibu memerlukan kebutuhan energi dan zat gizi yang lebih selama masa kehamilan.

kebutuhan energi dan zat gizi yang lebih itu dibutuhkan untuk perkembangan janin, bila mengalami kekurang zat gizi seimbang pada ibu hamil maka pertumbuhan janin yang ada dikandungan dapat tidak sempurna.

Kebutuhan energi pada ibu hamil itu ada tiga macam yaitu:

  1. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester pertama (0-14 minggu) diperlukan makanan  untuk pembentukan jaringan otak pada janin dan pembentukan organ janin. Seperti asam folat, vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi.
     
  2. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester kedua (15-26 minggu) diperlukan makanan untuk pembentukan tulang, organ, saraf, dan otot yang mulai berfungsi serta pembentukan sel darah merah. Pada trisemester kedua ini pola makan harus tetap terjaga, hindari asap rokok, tidak meminum alkohol, dan tidak melakukan aktivitas berat. 

  3. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester ketiga (27-40 minggu) perlu adanya melakukan olah raga ringan untuk lancarnya proses persalinan menjadi lebih mudah. Melakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksa kondisi kandungan apakah sudah ada kontraksi untuk menuju persalinan atau belum.

Angka Kecukupan Gizi Ibu Hamil

Zat Gizi

Kebutuhan

Wanita

Dewasa

 

Kebutuhan

Wanita Hamil

 

Sumber Makanan

Energi (Kalori)

2200

2535

Padi-padian, mie,

roti, umbi-umbian

Protein (gram)

48

60

Daging, ikan,telur, kacang-kacangan, tahu, tempe

Kalsium (mg)

500

600

Susu, Ikan teri, kacang-kacangan, sayuran hijau

Zat Besi (mg)

26

46

Daging, hati, sayuran

hijau

Vitamin A (SI)

500

700

Hati, kuning telur, sayur dan buah berwarna hijau dan

Kuning kemerahan

Vitamin B1 (mg)

1

1,1

Biji-bijian, kacang-kacangan, padi-padian, daging

Vitamin B2 (mg)

1,2

1,2

Hati, telur, sayuran dan kacang-kacangan

Vitamin B6 (mg)

9

10,6

Hati, daging, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan

Vitamin C (mg)

60

70

Buah-buahan dan sayuran

Asam Folat (μg)

150

300

Ragi, brokoli, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, ikan, telur, dan jeruk

Iodium(μg)

 

175

Ikan, daging

Fosfor

 

650

Beras, gandum, biji labu, biji bunga matahari, kacang tanah

Seng (mg)

 

20

Susu tanpa lemak, daging merah, telur, jamur, garlik ikan, biji kedelai

Pengaruh status gizi seimbang pada ibu hamil juga mempengaruhi kesehatan pada janin misalnya, dari keadaan sosial ekonomi, keadaan kesehatan dan gizi ibu, jarak kelahiran anak dari anak yang pertama. Status gizi seimbang ibu setelah melahirkan juga dapat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi dan sosial, pernah tidaknya terkena infeksi penyakit, dan asupan pangan.

Bila mengalami kekurangan gizi pada ibu hamil makan akan terjadinya kematian, perkembangan otak janin dan pertumbuhan janin terhambat, serta bayi yang akan lahir akan mengalami BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Sedangkan pada ibu menyusui akan mengalami penurunan produksi ASI, kematian, penurunan gizi dan kesehatan bayi akan menurun.

Maka dari itu sebaiknya ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya memperhatikan asupan gizinya agar pertumbuhan janin dan bayi menjadi sehat dan tidak mengalami kekurangan apapun. Karena asupan yang ibu konsumsi berpengaruh besar pada sang janin dan anak agar dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: @ly

Seorang yang sedang belajar dibidang Kesehatan Masyarakat, Menyukai hal-hal dibidang IT, Blogger, dan Traveller Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.