Lab 3 – Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Pada kali ini kita akan membahas tentang konfigurasi vlan Cisco Packet Tracer.  Apa itu vlan (Virtual Lan)? Pada prinsipnya vlan yaitu membagikan kelompok-kelompok setiap sisi yang akan kita akan konfigurasi. maka kali ini akan membahas Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer.

Dalam suatu vlan pengalamatannya/pengalokasiannya di simpan dalam suatu database. Jadi dalam vlan Hub/Switch yang akan mengatur penyimpanan dari semua informasi dan konfigurasi.

Switch berperan ditengah-tengah untuk menentukan kemana data akan dialirkan ke perangkat lain atau ke jaringan yang lain, tetapi switch harus dikonfig dulu ketika mengenalkan ke jaringan/vlan lainnya yang akan dibahas pada lab yang nanti akan dibahas sesuai urutan. Ada cara lain untuk digunakan mencatat kinerja dari witch tersebut yaitu dengan software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi untuk mencatat/menandai suatu vlan beserta workstationnya.

Jika kalian belum mengetahui perintah dasar cisco packet tracer anda bisa buka pada artikel sebelumnya pada lab 2.

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Oke kali ini kita akan masuk ke pembahasan tentang cara konfigurasi vlan di cisco packet tracer dengan 1 switch. Pertama kalian buat topologi jaringan gambar dibawah ini pada aplikasi cisco packet tracer anda.

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer
Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Kita akan membuat pembagian jaringan vlan yaitu pada lantai 1 dengan vlan 10 dan pada lantai 2 yaitu vlan 20. Bagaimana sih cara konfigurasi VLANnya? nah sebelum konfigurasi vlan,kalian isi terlebih dahulu ip address per PC (Personal Computer) sesuai dengan ip yang sudah ditentukan digambar tersebut.

Kamu tidak tahu cara pembagian kelas ip Address? nanti akan saya buatkan tentang  cara menghitung ip address dari kelas A – C.

Kita masukan ip address pada pc 1 yaitu 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0, dan pc 2 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.0

nah kalian isi sampe pc3, dan pc 4 sama seperti pc 1/pc 2 yang membedakan yang angka di bold, sesuaikan dengan angka pc nya.

Selanjutnya test ping dari pc 1 ke ip pc 3 dengan cara buka PC (klik 2x)> Desktop > Command Prompt

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer
Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Sebelum konfig hasil ping nya berjalan… Tetapi apabila sudah konfigurasi vlan, maka dari lantai 1 ke lantai 2 hasilnya akan RTO ( Request Time Out ).

Lanjut ke Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer…

Pertama, kalian buat vlannya yaitu seperti ini:

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer
Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Setelah itu buat interfacenya menjadi mode access, dengan cara switchport mode access. dan apa fungsi mode access? yaitu agar bisa mengakses jaringan vlan tersebut

Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer
Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

 

Nah vlan 10 dan 20 sudah terbuat, maka selanjutnya yaitu pengecekan vlan tersebut. dengan cara switch#show vlan brief dan aka nampak seperti ini :Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer

Status vlan 10 dan vlan 20 sudah active, maka selanjutnya lakukan ping ulang pada pc 1 ke pc 3, maka hasilnya akan RTO ( Request Time Out ). Dengan ini langkah Berhasil.

Berikut diatas adalah cara Konfigurasi VLAN Cisco Packet Tracer pada lab 3, Bagi kalian yang masih kurang paham bisa ditanyakan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.