Pengertian Bandwidth: Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, dan Cara Kerja Bandwidth

pengertian bandwidth

Pengertian Bandwidth

Pengertian bandwidth (lebar pita) secara umum adalah kapasitas dalam jumlah maksimum dari suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk transfer data/keluar masuk data dalam hitungan bps ( bit per second ) antara server dengan client server.

Bisa dianalogikan bahwa bandwidth itu seperti jalur tol yang dimana semakin banyak mobil yang menggunakan jalur tol semakin padat ruang tol yang bisa dilalui.

Dalam menghitung ukuran bandwidth biasanya kita menggunakan Mbps ( Megabit per second ) dan ukuran bandiwidth ini sering digunakan oleh penyedia layanan internet seperti indihome, first media, myrepublic dll. Perlu dicatat bahwa ukuran bandwidth tidak sama dengan kecepatan transfer data.

Jenis-Jenis Bandwidth

pengertian bandwidth

Jenis-Jenis Bandwidth dibagi menjadi dua jenis, yaitu analog dan digital dengan sebagai berikut :

  1. Bandwidth Analog adalah range frekuensi yang dapat diukur dengan satuan Hz ( Hertz ) yang dapat menghitung banyaknya data informasi yang ditransmisikan dalam suatu waktu.
  2. Bandwidth Digital adalah Jumlah dalam suatu data yang dikirimkan menggunakan sebuah saluran komunikasi tanpa ada distorsi dan dihitung dalam satuan bps atau bit per second).

Fungsi Bandwidth Secara Umum

Bandwidth secara umum memiliki fungsi-fungsi dengan sebagai berikut :

1. Media Pengiriman Data

Fungsi bandwidth yang pertama yaitu sebagai media pengiriman data. Seperti halnya ketika pada kabel fisik LAN digunakan untuk saling terhubung dengan koneksi LAN, PC dan perangkat lainnya. Jadi bandwidth bekerja untuk sebagai jalur penghubung untuk masuk dan keluarnya proses transfer data.

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Fungsi bandwidth yang kedua yaitu sebagai pembatas kecepatan dalam transfer data. Yang dimaksudkan adalah Bandwidth berfungsi sebagai membatas-batasi kecepatan dalam setiap transfer data.

Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth ini sangat penting bagi hosting maupun suatu jaringan, karena dalam hosting ini biasanya digunakan untuk website dan didalam website ini ada yang namanya bandiwdth asumsinya sebagai penampung dari para visitor yang mengunjung website tersebut. Jadi bandwidth memiliki peranan yang sangat penting ketika terjadinya proses transfer keluar masuknya data.

Cara kerja bandwidth berhubungan langsung dengan fungsi bandwidth itu sendiri. Jadi ketika pengguna internet menggunakan akses pada jaringan tersebut, dan bandwidth akan bekerja dengan fungsinya.

Kapasitas bandwidth sangat berpengaruh dalam kualitas jaringan, dapat mempengaruhi jaringan yang bagus ataupun buruk dam masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas jaringan seperti latency, packet loss, dll..

Itulah penjelasan ringkas tentang mengenai pengertian bandwidth, jenis-jenis bandwidth, fungsi bandwidth, dll.. . Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.