Pengertian Database ( Fungsi, Manfaat, Tipe, dll.. )

Pengertian-database

Pengertian Database ( Fungsi, Manfaat, dan Macam-Macam Database )

Pengertian database ( basis data ) adalah sekumpulan data-data informasi yang sudah dikemas dengan sedimikian rupa sehingga sudah tersusun dan tersimpan, dan data tersebut dapat diolah dan dimanipulasi untuk mendapatkan informasi yang dibuat. Pada kali ini kita akan membahas pengertian database, fungsi database, manfaat database, Tipe-Tipe database, dan macam-macam database.

Pengertian-database
Pengertian-database

Untuk pengertian database management system yaitu perangkat lunak yang digunakan dalam mengolah dan memanggil database.

Database ini sebenarnya seperti ruangan di perpustakaan yang didalam ruangan tersebut ada lemari atau rak-rak buku dan setiap lemari/rak buku sudah dinamai/dinomori untuk bertujuan agar pembaca dapat cepat menemukan buku yang dicari. Jadi seperti itulah perumpamaan database yang menampung data-data yang sudah tersusun rapi untuk bertujuan agar mengolah data menjadi lebih efisien.

Fungsi Database

Selain dari pengertian database, banyak fungsi database dengan banyak macam fungsinya. Berikut fungsi database :

  1. Membantu untuk mengolah data besar untuk disimpan.
  2. Menghindari duplikasi data-data
  3. Meningkatkan kinerja aplikasi untuk penyimpanan data
  4. Memudahkan menambahkan data, menghapus data, mengedit data.

Selain itu database mempunyai manfaat database saat digunakan. Berikut beberapa manfaat database :

  1. Keamanan data terjaga
  2. Kemudahan akses data dan berbagi data
  3. Terhindar dari duplikasi data
  4. Integritas data yang terjaga, sehingga data semakin akurat.

Tipe-Tipe database

Ada beberapa tipe-tipe database yang dijalankan oleh software untuk menyimpan dan mengambil data dari database yang biasa disebut DBMS. Berikut tipe-tipe database :

  1. Analytical database
  2. Operational database
  3. Distributed database
  4. Data warehouse
  5. End-user database
  6. Real time database
  7. Document oriented database
  8. In memory database
  9. Navigational database
  10. Hypermedia database on the web
  11. External database
  12. Relational database

Macam-macam Database (Software)

Setelah membahas pengertian database, fungsi database, dan tipe-tipe database, selanjutnya menjelaskan macam-macam software yang digunakan untuk membuat database. Berikut software yang popular atau sering digunakan untuk membangun sebuah database :

  1. MySQL

Pada umumnya banyak yang menggunakan MySQL karena salah satu yang bias digunakan untuk semua orang ( Open Acces ) dan bisa digunakan di sistem operasi Linux ataupun Windows. Keunggulan yang ditawarkan dari MySQL adalah bisa digunakan multi user ( banyak orang ), gratis, berlisensi resmi, dan query data yang cepat.

  1. Microsoft Access

Software ini sangat banyak juga yang menggunakannya, karena sangat cocok digunakan untuk computer yang relasional. Dan berbisnis dalam skala kecil bisa menggunakan software ini karena sangat ringan dan format datanya mudah dibaca oleh penggunanya.

  1. MS SQL Server

Software ini digunakan pada Microsoft dengan menggunakan Bahasa pemrograman Transact-SQL. Menggunakan software ini sangat mendukung sekali pada kinerja anda karena banyak sekali tipe data yang digunakan sehingga menjadi lebih efektif.

Beberapa pembahasan tentang pengertian database, fungsi database, manfaat database, dan macam-macam database yang dapat saya simpulkan.

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.