Sejarah Komputer dari Tahun (1946 – 2015) Singkat

sejarah komputer singkat

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer Singkat – Berbicara tentang sejarah komputer bahwa pada zaman dulu komputer digunakan untuk menghitung angka saja, dan sekarang komputer sudah digunakan untuk berbagai macam keperluan untuk meningkatkan kinerja manusia dalam melakukan pekerjaannya.

Apakah kamu tau handphone sekarang ini itu juga termasuk komputer? betul, karena pada dasarnya komputer adalah alat bantu pekerjaan manusia dalam melakukan sesuatu dan pada saat ini komputer digunakan bukan untuk menghitung angka tetapi sudah bisa dapat mengolahan data.

Pada kali ini kita akan membahas sejarah komputer singkat dan sejarah perkembangan komputer lengkap. Berikut pembahasannya.

Penemu Komputer Pertama Kali

penemu komputer
abulyatama.ac.id

 

Beliau dikenal oleh banyak orang dengan diberi julukan ‘bapak’nya komputer. Beliau adalah orang yang pertama kali menemukan komputer, banyak sekali hasil karya yang dibuat oleh beliau yang membuat komputer bisa berkembang sampai sekarang ini. Salah satu penemuan komputer yang dibuat oleh beliau yaitu difference engine yaitu mesing penghitung. Sejarah komputer yang beliau temukan akan tetap diingat dan dihargai melalui The Charles Babbage Foundation

Pada kali ini kita akan membahas tentang sejarah komputer lengkap generasi ke generasi :

 

Sejarah Komputer Generasi ke Generasi

Generasi Pertama
sejarah komputer
moondoggiesmusic.com

 

Pada generasi pertama atau pada tepatnya tahun 1946 komputer dibuat menggunakan tabung vakum, yaitu sebagai komponen dasar pembuatan komputer. Dilihat pada gambar tersebut bahwa komputer pada generasi pertama memerlukan space tempat yang sangat luas dan sangat tidak efisien dalam pekerjaannya. Pada pengoperasian komputer tersebut memerlukan daya listrik yang besar dan komponen-komponen sering mengalami masalah.

ENIAC merupakan komputer generasi pertama yang menggunakan 18.000 tabung vakum yang beratnya kira-kira mencapai 30 ton, ENIAC sendiri menggunakan daya listrik yang sangat tinggi yaitu mencapai 140 kilo watt dan komputer ini dibuat dengan bahasa tingkat rendah yakni bahasa mesin. Instruksi-instruksinya hanya komputer yang tahu karena instruksinya berupa seperti biner

Salah satu perangkat lunak yang pertama yaitu komputer yang didesain menyerupai pesawat yang menggunakan konsep yang dibuat oleh seorang insinyur yang bernama Konrad Zuse.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi pertama yaitu :

  • Perangkat komputer yang begitu besar dan membutuhkan space yang luas untuk menampungnya
  • Membutuhkan daya listrik yang besar
  • Kinerja yang tidak efektif
  • Perangkat komputer yang cepat panas
  • Diprogram menggunakan bahasa mesin
  • Magnetic Core Storage digunakan sebagai memori utama
Generasi Kedua
sejarah komputer generasi kedua
moondoggiesmusic.com

Periode sejarah perkembangan komputer pada generasi kedua sudah tidak menggunakan tabung vakum lagi, tetapi menggunakan transistor sebagai komponen komputer. Menggunakan transistor jauh lebih efektif dan efisien dari pada menggunakan tabung vakum

Ukuran komputer yang menggunakan transistor lebih kecil dari pada generasi pertama dan menggunakan daya listriknya juga lebih kecil.

Komputer ini di program menggunakan bahasa assembly karnea bahasa assembly merupakan bahasa tingkat rendah yang akan menerjemahkan bahasa mesin, dengan kata lain programmer sudah bisa melakukan instruksi-instruksi yang ada pada komputer.

Super Komputer adalah komputer pertama yang menggunakan mesin ini, yang dimana komputer ini dikembangkan untuk peneliti atom karena bisa mengatasi data-data dengan jumlah yang besar.

Pada sejarah komputer generasi kedua muncul sejarah baru yang meluncurkan produknya untuk digabungkan dengan komputer untuk berbisnis. Produk tersebut seperti disket, printer, RAM, dan juga sistem operasi.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi kedua yaitu :

  • Perangkat komputer yang jauh lebih kecil dari pada generasi pertama
  • Membutuhkan daya listrik yang cukup kecil
  • Telah menggunakan bahasa program tingkat tinggi seperti fotran dan cobol
  • Tempat penyimpanan magnetic core storage telah dikembangkan
  • Kinerja yang jauh lebih efisien dari sebelumnya
  • Bisa melakukan real sharing dan real time
Generasi Ketiga

sejarah komputer generasi ketiga

Sejarah komputer di generasi ketiga ini sudah menggunakan teknologi Integrasi Circuit (IC). Generasi sebelumnya yang hanya menggunakan transistor telah digantikan oleh teknologi baru tersebut. Tetapi transistor masih digunakan sebagai komponen pembantu IC, selain transistor masih ada kapasitor dan juga resistor sebagai komponen pembantu.

Orang yang pertama kali berhasil mengembangkan IC adalah seorang insinyur listri yang bernama Jack Kilby. Berkat penemuannya, kini berhasil meningkatkan performa komputer sehingga bisa lebih efesien kinerja dari komputer.

Sejarah komputer generasi ketiga sudah mulai memudahkan operator dalam berinteraksi dengan komputer menggunakan keyboard dan monitor. Dengan harga yang terjangkau maka masyakat umum bisa menggunakannya.

IC sendiri sudah ada dari tahun 1960, dan pertama kali dibuat oleh Texas Instrumets dan Fairchild tetapi pada saat itu baru terbuat 6 transistor saja. Bisa dibayangkan untuk transistor pada saat ini sudah berjuta-juta transistor yang ada pada prosesor saat ini.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi ketiga yaitu :

  • Perangkat komputer yang jauh lebih kecil dari pada generasi-generasi sebelumnya
  • Membutuhkan daya listrik yang lebih hemat
  • Harga yang lebih terjangkau
  • Terisi lebih banyak software dari pada generasi sebelumnya
  • Sudah menggunakan IC yang membuat lebih dari 5000 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya
  • Bisa melakukan multitasking dan multiprocessing
  • Bisa berkomunikasi dengan komputer lain
Generasi Keempat

sejarah komputer generasi keempat

Sejarah komputer singkat generasi keempat yaitu dimana komputer yang menggunakan microprosesor. Komputer ini menggunakan microprosesor sebagai komponen dasar. Didalam chip microprosesor terdapat ribuan transistor dan beberapa elemen circuit yang terhubung menjadi satu kesatuan.

Salah satu yang berpengaruh dalam perkembangan microprosesor yaitu Intel. Karena intel telah berhasil menciptakan intel 4004 chip yang membuat perkembangan komputer yang pesat hingga saat ini. Sedangkan pada tahun 1970an IBM sengaja membuat komputer yang didesain untuk para pengguna rumahan.

Sudah banyak kemajuan yang diraih pada generasi pada generasi keempat ini, salah satu contohnya dibuatnya mouse, tampilan GUI, Smartphone, dan laptop. Untuk saat ini komputer-komputer yang ada pada saat ini belum layak disebut PC, karena sampai saat ini belum ada yang PC-compatible ataupun machintos-compatible sebagai standar Personal Computer (PC).

Karena istilah Personal Computer (PC) banyak pelaku pasar bisnis yang membuat produk untuk sektor perorangan. Maka dari itu muncul komputer jinjing (laptop ) untuk memenuhi itu semua.

 

Berikut Perangkat-perangkat sejarah komputer singkat dari tahun 1960-2015

Tahun 1960 – 1969
  • Komputer transistor 3.0ACNEAC 2203

Komputer transistor 3.0AC Sebuah komputer transistorized awal, NEAC (Nippon Electric Automatic Computer) mencakup CPU, konsol, pembaca pita kertas dan punch, printer dan unit pita magnetik. Itu dijual secara eksklusif di Jepang, tapi bisa memproses karakter kana alfabet dan kana Jepang. Hanya sekitar tiga puluh NEAC yang terjual. Ini mengelola sistem reservasi real-time pertama di Jepang untuk Kereta Api Kinki Nippon pada tahun 1960. Yang terakhir telah dinonaktifkan pada tahun 1979.

  • IBM 7000

IBM 7000 adalah perusahaan pertama yang menggunakan transistor. Di bagian ini adalah Model 7030, yang juga dikenal sebagai “Stretch.” Sembilan dari komputer, yang menampilkan puluhan inovasi desain canggih, terjual, terutama ke laboratorium nasional dan pengguna ilmiah utama. Versi khusus, yang dikenal sebagai HARVEST, dikembangkan untuk Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan untuk proyek Peregangan memainkan peran utama dalam perancangan, pengelolaan, dan pembuatan Sistem IBM / 360 yang kemudian – keluarga komputer paling sukses dalam sejarah IBM.

  • IBM Memperkenalkan 1400 series

Mainframe 1401, seri pertama, menggantikan teknologi tabung vakum sebelumnya dengan transistor yang lebih kecil dan lebih andal. Permintaan meminta lebih dari 12.000 dari 1401 komputer, dan kesuksesan mesin membuat kasus yang kuat untuk menggunakan komputer umum dan bukan sistem khusus. Menjelang pertengahan 1960-an, hampir setengah dari semua komputer di dunia adalah IBM 1401.

  • MIT LINCLINC

MIT LINCLINC adalah contoh awal dan penting dari ‘komputer pribadi’, yaitu komputer yang dirancang hanya untuk satu pengguna. Ini dirancang oleh insinyur Laboratorium MIT Lincoln Wesley Clark. Di bawah naungan hibah National Institutes of Health (NIH), fakultas penelitian biomedis dari seluruh Amerika Serikat datang ke sebuah lokakarya di MIT untuk membangun LINC mereka sendiri, dan kemudian membawa mereka kembali ke institusi asal mereka di mana mereka akan digunakan. Untuk penelitian, Digital Equipment Corporation (DEC) memasok komponen, dan 50 LINC asli dibuat. LINC kemudian dikomersialkan oleh DEC dan dijual sebagai LINC-8

  • Supercomputer CDC 6600

Control Data Corporation (CDC) 6600 Control Data Corporation (CDC) 6600 melakukan hingga 3 juta instruksi per detik – tiga kali lebih cepat dari pesaing terdekatnya, supercomputer IBM 7030. The 6600 mempertahankan perbedaan menjadi komputer tercepat di dunia sampai dikalahkan oleh penggantinya, CDC 7600, pada tahun 1968. Sebagian dari kecepatan berasal dari desain komputer, yang menggunakan 10 komputer kecil, yang dikenal sebagai unit pengolahan periferal, untuk membongkar beban kerja dari prosesor pusat.

  • PDP-8Laboratorium

Digital Equipment Corporation memperkenalkan PDP-8Laboratorium Nuklir Sungai Kapur Kanada membutuhkan alat khusus untuk memantau reaktor. Alih-alih merancang pengendali ubahsuaian, dua insinyur muda dari Digital Equipment Corporation (DEC) – Gordon Bell dan Edson de Castro – melakukan sesuatu yang tidak biasa: mereka mengembangkan komputer tujuan umum dan program kecil untuk melakukan pekerjaan itu. Versi selanjutnya dari mesin itu menjadi PDP-8, komputer mini komersial pertama yang sukses. PDP-8 dijual seharga $ 18.000, seperlima harga mainframe IBM System / 360 kecil. Karena kecepatan, ukurannya yang kecil, dan biaya yang masuk akal, PDP-8 dijual oleh ribuan orang ke pabrik manufaktur, usaha kecil, dan laboratorium ilmiah di seluruh dunia.

  • Olivetti Programma 101Kalkulator

Olivetti Programma 101Kalkulator programmable printing ini dibuat dari transistor diskrit dan memori delay-line akustik. Programma 101 dapat melakukan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta menghitung akar kuadrat. 40.000 dijual, termasuk 10 ke NASA untuk digunakan pada proyek luar angkasa Apollo.

  • DDP-116

Dirancang oleh insinyur Gardner Hendrie untuk Computer Control Corporation (CCC), DDP-116 diumumkan pada Konferensi Komputer Bersama Musim Semi 1965. Ini adalah komputer minik komersial 16 bit pertama dan 172 sistem yang terjual. Biaya komputer dasar $ 28.500.

  • ILLIAC IV

Sebuah komputer pengolahan paralel yang besar, ILLIAC IV tidak beroperasi sampai tahun 1972. Gedung ini akhirnya ditempatkan di Pusat Penelitian Ames NASA di Mountain View, California. Komputer paralel yang paling ambisius saat ini, ILLIAC IV diganggu dengan masalah desain dan produksi. Setelah selesai, ia mencapai kecepatan komputasi sebesar 200 juta instruksi per detik dan 1 miliar bit per detik transfer I / O melalui kombinasi unik dari arsitektur paralel dan struktur “pipelining” yang tumpang tindih atau 64 elemen pengolahannya.

Tahun 1970 – 1979
  • Amdahl Corporation memperkenalkan Amdahl 470

Gene Amdahl, ayah dari IBM System / 360, memulai perusahaannya sendiri, Amdahl Corporation, untuk bersaing dengan IBM dalam sistem komputer mainframe. Produk 470V / 6 adalah produk pertama perusahaan dan menjalankan perangkat lunak yang sama dengan komputer IBM System / 370 namun harganya lebih murah dan lebih kecil dan lebih cepat.

  • Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama

Iklan pertama untuk mikroprosesor, Intel 4004, muncul di Electronic News. Dikembangkan untuk Busicom, pembuat kalkulator Jepang, 4004 memiliki 2.550 transistor dan bisa melakukan hingga 90.000 operasi per detik dalam potongan empat bit. Federico Faggin memimpin disain dan Ted Hoff memimpin arsitektur.

  • IBM SCAMP dikembangkan

Di bawah arahan insinyur Dr. Paul Friedl, prototipe komputer pribadi Special Computer APL Machine Portable (SCAMP) dikembangkan di laboratorium IBM Los Gatos dan Palo Alto, California. Komputer pribadi pertama IBM, sistem ini dirancang untuk menjalankan bahasa pemrograman APL di dalam sebuah compact, seperti tas koper yang terdiri dari keyboard, layar CRT, dan penyimpanan kaset. Friedl menggunakan prototipe SCAMP untuk mendapatkan persetujuan di dalam IBM untuk mempromosikan dan mengembangkan 5100 keluarga komputer IBM, termasuk yang paling sukses, 5150, yang juga dikenal sebagai IBM Personal Computer (PC), diperkenalkan pada tahun 1981. Dari konsep sampai sistem selesai, SCAMP Butuh waktu enam bulan untuk berkembang.

  • Micral

Berdasarkan mikroprosesor Intel 8008, Micral adalah salah satu komputer pribadi komersial non-kit yang paling awal. Perancang Thi Truong mengembangkan komputer sementara Philippe Kahn menulis perangkat lunaknya. Truong, pendiri dan presiden perusahaan Perancis R2E, menciptakan Micral sebagai pengganti minicomputer dalam situasi yang tidak memerlukan kinerja tinggi, seperti pengendalian proses dan pengumpulan tol jalan raya. Menjual seharga $ 1.750, Micral tidak pernah menembus pasar A.S. Pada tahun 1979, Truong menjual R2E ke Bull.

  • Wang 2200

Wang adalah produsen kalkulator yang sukses, lalu perusahaan pengolah kata yang sukses. The 1973 Wang 2200 membuatnya menjadi perusahaan komputer yang sukses juga. Wang menjual 2200 terutama melalui Value Added Resellers, yang menambahkan perangkat lunak khusus untuk memecahkan masalah pelanggan tertentu. 2200 menggunakan built-in CRT, kaset untuk penyimpanan, dan menjalankan bahasa pemrograman BASIC. Era PC mengakhiri kesuksesan Wang, dan ia mengajukan kebangkrutan pada tahun 1992.

  • Scelbi 8H

Komputer komersial pertama yang diiklankan di AS berdasarkan mikroprosesor (Intel 8008), Scelbi memiliki memori internal 4 KB dan antarmuka kaset, serta antarmuka Teletype dan oscilloscope. Scelbi mengarahkan 8H, tersedia dalam bentuk kit dan dirakit secara penuh, di aplikasi ilmiah, elektronik, dan biologi. Pada tahun 1975, Scelbi mengenalkan versi 8B dengan memori sebesar 16 KB untuk pasar bisnis. Perusahaan menjual sekitar 200 mesin, kehilangan $ 500 per unit.

  • Altair 8800

Untuk edisi Januari, sejarah komputer majalah hobi Popular Electronics menjalankan cerita sampul sebuah kit komputer baru – Altair 8800. Dalam beberapa minggu setelah kemunculannya, pelanggan membanjiri pembuatnya, MITS, dengan pesanan. Bill Gates dan Paul Allen melisensikan penerjemah bahasa pemrograman BASIC mereka kepada MITS sebagai bahasa utama Altair. MITS pendiri Ed Roberts menemukan Altair 8800 – yang dijual seharga $ 297, atau $ 395 dengan sebuah kasus – dan menciptakan istilah “komputer pribadi”. Mesinnya dilengkapi memori 256 byte (dapat diupgrade sampai 64 KB) dan struktur bus 100 jalur terbuka yang berevolusi menjadi standar “S-100” yang banyak digunakan pada komputer hobi dan pribadi era ini. Pada tahun 1977, MITS dijual ke Pertec, yang terus memproduksi Altairs pada tahun 1978.

  • Intel 8080 dan Zilog Z-80

Intel dan Zilog memperkenalkan mikroprosesor baru. Lima kali lebih cepat dari pendahulunya, 8008, Intel 8080 bisa menangani empat kali lebih banyak byte dengan total 64 kilobyte. Zilog Z-80 bisa menjalankan program yang ditulis untuk 8080 dan menyertakan dua kali lebih banyak instruksi mesin built-in.

  • Apple-II

Dijual lengkap dengan papan logika utama, power supply switching, keyboard, case, manual, game paddles, dan kaset yang berisi game Breakout, Apple-II menemukan popularitas jauh melampaui komunitas penggemar yang membentuk komunitas pengguna Apple sampai saat itu. Saat terhubung ke pesawat televisi berwarna, Apple II menghasilkan grafis warna cemerlang untuk saat ini. Jutaan Apple II terjual antara 1977 dan 1993, menjadikannya salah satu jaringan komputer pribadi terpanjang. Apple menyerahkan ribuan Apple II ke sekolah, memberi generasi baru akses pertama mereka ke komputer pribadi.

  • Commodore PET

Yang pertama dari beberapa komputer pribadi yang diluncurkan pada tahun 1977, PET dilengkapi sepenuhnya dengan memori 4 atau 8 KB, tape drive kaset built-in, dan keyboard membran. PET sangat populer di sekolah dan digunakan sebagai komputer rumahan. Ini menggunakan mikroprosesor MOS Technologies 6502 yang berjalan pada 1 MHz. Setelah suksesnya PET, Commodore tetap menjadi pemain utama di pasar komputer pribadi hingga tahun 1990an.

  • DEC VAX 11/780

Dimulai dengan VAX-11/780, keluarga peralatan komputer VAX-11/780 Digital Equipment Corporation (DEC) bersaing dengan komputer mainframe yang jauh lebih mahal dalam kinerja dan memiliki kemampuan untuk menangani lebih dari 4 GB memori virtual, ratusan kali kapasitas kebanyakan minicomputer. Disebut “komputer set instruksi yang kompleks,” sistem VAX kompatibel dan karenanya mempertahankan pemilik investasi komputer DEC sebelumnya dalam perangkat lunak. Keberhasilan keluarga VAX komputer mengubah DEC menjadi perusahaan komputer terbesar kedua di dunia, karena sistem VAX menjadi sistem komputasi standar de facto untuk industri, sains, teknik, dan penelitian.

  • Motorola memperkenalkan mikroprosesor 68000

Mikroprosesor Motorola 68000 menunjukkan kecepatan pemrosesan yang jauh lebih besar dari pada sezamannya. Prosesor berkinerja tinggi ini menemukan tempatnya di stasiun kerja yang kuat yang ditujukan untuk program grafis intensif yang umum digunakan dalam rekayasa.


Tahun 1980 – 1989
  • Commodore VIC-20

Ditujukan untuk menjadi alternatif yang lebih murah dari PET, VIC-20 sangat sukses, menjadi komputer pertama yang menjual lebih dari satu juta unit. Commodore bahkan menggunakan bintang televisi Star Trek William Shatner dalam iklan.
Sinclair ZX80 diperkenalkan
Komputer rumah kecil ini tersedia di Inggris sebagai kit seharga £ 79 atau pra-rakitan seharga £ 99. Di dalamnya ada mikroprosesor Z80 dan penerjemah bahasa BASIC built-in. Output ditampilkan di layar TV rumah pengguna melalui penggunaan adaptor. Sekitar 50.000 dijual di Inggris, terutama untuk penggemar, dan pada awalnya ada daftar tunggu yang panjang untuk sistem ini.

  • Apollo DN100

DN100 didasarkan pada mikroprosesor Motorola 68000, display beresolusi tinggi dan jaringan built-in – tiga fitur dasar dari semua workstation. Apollo dan pesaing utamanya, Sun Microsystems, mengoptimalkan mesin mereka untuk menjalankan program grafis komputer yang intensif yang umum digunakan dalam aplikasi teknik dan ilmiah. Apollo adalah inovator terkemuka di bidang workstation selama lebih dari satu dekade, dan diakuisisi oleh Hewlett-Packard pada tahun 1989.

  • IBM memperkenalkan Personal Computer (PC)

Pengenalan merek IBM, bersamaan dengan kampanye pemasaran yang masif, memicu pertumbuhan pasar komputer pribadi yang cepat dengan pengumuman komputer pribadinya sendiri (PC). PC IBM pertama, yang secara resmi dikenal sebagai IBM Model 5150, didasarkan pada mikroprosesor Intel 8088 4,77 MHz dan menggunakan sistem operasi MS-DOS Microsoft. PC IBM merevolusi komputasi bisnis dengan menjadi PC pertama yang mendapat adopsi luas oleh industri. IBM PC disalin secara luas (“kloning”) dan menyebabkan terciptanya “ekosistem” perangkat lunak, periferal, dan komoditas lainnya untuk digunakan dengan platform.

  • Osborne 1

Dengan berat 24 kilogram dan seharga $ 1,795, Osborne 1 adalah komputer portabel produksi massal pertama. Harganya sangat menarik karena komputer ini menyertakan perangkat lunak produktivitas yang sangat berguna seharga sekitar $ 1.500 saja. Ini menampilkan layar 5 inci, memori 64 KB, modem, dan dua floppy disk 5,25 inci.

  • Commodore 64 system

Sejarah komputer C64, seperti yang lebih dikenal, dijual seharga $ 595, hadir dengan RAM 64 KB dan menampilkan grafis yang mengesankan. Ribuan judul perangkat lunak dilepaskan selama masa pakai C64 dan pada saat dihentikan pada tahun 1993, telah terjual lebih dari 22 juta unit. Hal ini diakui oleh 2006 Guinness Book of World Records sebagai komputer single penjualan terbesar sepanjang masa.

  • Franklin Ace 100 microcomputer

Dibuat hampir lima tahun setelah Apple II yang asli, dewan logika utama Ace 1000 Ace hampir identik dengan komputer Apple II +, dan model lainnya kemudian dikloning juga. Franklin mampu melemahkan harga Apple meski menawarkan beberapa fitur yang tidak tersedia pada produk aslinya. Awalnya, Franklin memenangkan sebuah pengadilan yang memungkinkan mereka melanjutkan kloning mesin, namun pada tahun 1988, Apple memenangkan tuntutan hak cipta terhadap Franklin, yang memaksa mereka untuk berhenti membuat klon “II” Apple.

  • Sun-1 workstation

Ketika Xerox PARC meminjamkan Stanford Engineering Department ke seluruh jaringan Alto Ethernet dengan printer laser, mahasiswa pascasarjana Andy Bechtolsheim merancang ulangnya menjadi prototipe yang kemudian dia gunakan pada jaringan komputer Stanford. Sun Microsystems tumbuh dari prototipe ini. Akar nama perusahaan berasal dari akronim untuk Stanford University Network (SUN). Perusahaan ini didirikan oleh tiga alumni Stanford berusia 26 tahun: Bechtolsheim, Vinod Khosla dan Scott McNealy. Trio ini segera menarik UC Berkeley guru UNIX Bill Joy, yang memimpin pengembangan perangkat lunak. Sun membantu semen model workstation yang memiliki antarmuka Ethernet serta grafis beresolusi tinggi dan sistem operasi UNIX.

Tahun 1990 – 1999
  • Intel Touchstone Delta supercomputer

Mencapai 32 gigaflops (32 miliar operasi floating point per detik), Intel Touchstone Delta memiliki 512 prosesor yang beroperasi secara independen, disusun dalam komunikasi dua dimensi “mesh.” Periset Caltech menggunakan prototipe superkomputer ini untuk proyek seperti pemrosesan foto satelit real-time. , dan untuk mensimulasikan model molekuler dalam penelitian AIDS. Ini akan menjadi model beberapa sistem multi-prosesor penting lainnya yang akan termasuk yang tercepat di dunia.

  • PowerBook 100 laptop computer

Macintosh Portable Apple bertemu dengan sedikit keberhasilan di pasar dan mengarah ke perancangan ulang lengkap dari jajaran komputer portabel Apple. Ketiga PowerBooks memperkenalkan fitur trackball built-in, drive floppy internal, dan sandaran tangan, yang pada akhirnya akan menjadi tipikal pada desain laptop tahun 1990an. PowerBook 100 adalah mesin entry-level, sedangkan PowerBook 140 lebih kuat dan memiliki memori lebih besar. PowerBook 170 adalah model high-end, yang menampilkan layar matriks aktif, prosesor lebih cepat, dan juga unit floating point. Garis PowerBook komputer dihentikan pada tahun 2006.

  • Intel Paragon system

Berdasarkan komputer Touchstone Delta Intel telah dibangun di Caltech, Paragon adalah sebuah superkomputer paralel yang menggunakan 2.048 (kemudian meningkat menjadi lebih dari empat ribu) prosesor Intel i860. Lebih dari seratus Paragons dipasang sepanjang masa sistem, masing-masing seharga lima juta dolar. Paragon di Caltech dinobatkan sebagai superkomputer tercepat di dunia pada tahun 1992. Sistem paragon digunakan di banyak bidang ilmiah, termasuk studi aliran atmosfir dan aliran laut, dan penelitian energi.

  • Apple mengirimkan Newton pertama

Apple memasuki pasar komputer genggam dengan Newton. Dijuluki “Asisten Data Pribadi” oleh Presiden Apple John Scully pada tahun 1992, Newton menampilkan banyak fitur yang akan menentukan komputer genggam dalam dekade berikutnya. Perangkat lunak pengenal tulisan tangan banyak difitnah karena ketidakakuratan. Garis Newton tidak pernah tampil sebaik harapan dan dihentikan pada tahun 1998.

  • Intel’s Pentium microprocessor is released

Pentium adalah generasi kelima dari mikroprosesor ‘x86’ dari Intel, basis untuk PC IBM dan klonnya. Pentium memperkenalkan beberapa kemajuan yang membuat program berjalan lebih cepat seperti kemampuan untuk menjalankan beberapa instruksi secara bersamaan dan dukungan untuk grafis dan musik.

  • Acorn RISC PC

Mengganti komputer Archimedes mereka, PC RISC dari Komputer Acorn Inggris menggunakan mikroprosesor ARMv3 RISC. Meskipun menggunakan sistem operasi proprietary, RISC OS, PC RISC dapat menjalankan perangkat lunak PC-compatible menggunakan Acorn PC Card. PC RISC digunakan secara luas di televisi siaran Inggris dan dalam produksi musik.

BeBox computer didirikan oleh mantan eksekutif Apple Jean Louis Gassée dan sejumlah mantan karyawan Apple, NeXT dan SUN, merilis satu-satunya produk mereka – BeBox. Menggunakan CPU dual PowerPC 603, dan menampilkan berbagai macam port periferal, perangkat pertama digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Meskipun tidak laku dengan baik, sistem operasi, Be OS, tetap mengikuti pengikut setia bahkan setelah berhenti memproduksi perangkat keras pada tahun 1997 setelah kurang dari 2.000 mesin diproduksi.

  • IBM ThinkPad 701C

Secara resmi dikenal sebagai Track Write, keyboard full-sized yang dikembangkan secara otomatis yang digunakan oleh ThinkPad 701 dirancang oleh penemu John Karidis. Keyboard terdiri dari tiga potongan berkeput kasar segitiga, yang membentuk keyboard berukuran penuh saat laptop dibuka – menghasilkan keyboard yang jauh lebih besar daripada pada kasus ini. Desain keyboard ini dijuluki “Butterfly.” Kebutuhan akan desain seperti itu berkurang saat layar laptop tumbuh lebih lebar.

  • Sony Vaio laptop

Sony telah memproduksi dan menjual komputer di Jepang, namun VAIO menandakan masuknya mereka ke pasar komputer global. VAIO pertama, komputer desktop, menampilkan antarmuka 3D tambahan di atas sistem operasi Windows 95 sebagai cara untuk menarik pengguna baru. Rangkaian komputer VAIO akan paling dikenal karena laptop dirancang dengan kemampuan komunikasi dan audio-video di garis depan, termasuk desain inovatif yang menggabungkan tuner TV dan radio, kamera web, dan pengenalan tulisan tangan. Jalur tersebut dihentikan pada tahun 2014.

  • ASCI Red supercomputers

Advanced Strategic Computing Initiative (ASCI) membutuhkan superkomputer untuk membantu pemeliharaan persenjataan nuklir AS setelah larangan uji coba nuklir di bawah tanah. ASCI Red, berdasarkan desain Intel Paragon, dibangun oleh IBM dan dikirim ke Sandia National Laboratories. Sampai tahun 2000, itu adalah superkomputer tercepat di dunia, yang mampu mencapai kinerja puncak 1,3 teraflops, (sekitar 1,3 triliun kalkulasi per detik).

  • Macintosh desktop computers, is launched

Apple membuat percikan dengan Bondi Blue iMac-nya, yang terjual seharga sekitar $ 1.300. Pelanggan mendapatkan mesin dengan prosesor 233-MHz G3, hard drive 4GB, RAM 32MB, drive CD-ROM, dan monitor 15 “. Mesin itu terkenal karena kemudahan penggunaannya dan termasuk ‘manual’ yang hanya berisi beberapa gambar dan kurang dari 20 kata. Sebagai produk baru pertama Apple di bawah kepemimpinan Steve Jobs yang kembali, banyak yang menganggap ini langkah paling penting dalam kembalinya Apple dari kebangkrutan yang hampir di pertengahan tahun 1990an.

Tahun 2000 – 2009
  • Sony-built J-Phone J-SH04 (Ponsel kamera pertama diperkenalkan )

Sejarah komputer SoftBank dari Jepang memperkenalkan ponsel kamera pertama, J-Phone J-SH04; sebuah ponsel digital Sharp-diproduksi dengan kamera terintegrasi. Kamera memiliki resolusi maksimal sebesar 0,11 megapixels dengan layar 256 warna, dan foto bisa dibagi secara nirkabel. Garis J-Phone akan cepat berkembang, merilis versi flip-telepon hanya sebulan kemudian. Kamera akan menjadi bagian penting dari kebanyakan ponsel dalam setahun, dan beberapa negara bahkan telah melewati undang-undang yang mengatur penggunaannya.

  • Earth Simulator adalah superkomputer tercepat di dunia

Sejarah komputer Earth Simulator dikembangkan oleh pemerintah Jepang untuk menciptakan model iklim global, Earth Simulator adalah sistem berbasis vektor yang besar secara virtual, yang menghabiskan biaya hampir 60 miliar yen (sekitar $ 600 juta pada saat itu). Sebuah konsorsium badan-badan sains aerospace, energi, dan kelautan melakukan proyek ini, dan sistemnya dibangun oleh NEC di sekitar arsitektur SX-6 mereka. Untuk melindunginya dari gempa bumi, bangunan rumah itu dibangun dengan menggunakan sistem isolasi seismik yang menggunakan dukungan karet. Simulator Bumi terdaftar sebagai superkomputer tercepat di dunia dari tahun 2002 sampai 2004.

  • PowerMac G5 is released

Dengan kasus aluminium anodized yang khas, dan dipuji sebagai komputer pribadi 64 bit pertama, Apple G5 adalah Macintosh paling kuat yang pernah diluncurkan ke titik itu. Sementara lebih besar dari menara G4 sebelumnya, G5 memiliki ruang ekspansi yang relatif terbatas. Virginia Tech menggunakan lebih dari seribu PowerMac G5s untuk menciptakan superkomputer cluster Sistem X, diberi nilai # 3 pada bulan November tahun itu di komputer tercepat TOP500 di dunia.

  • Arduino starter kit

Harkening kembali ke era hobi komputasi personal di tahun 1970an, Arduino dimulai sebagai proyek Interaction Design Institute, Ivrea, Italia. Setiap papan berukuran Arduino kartu kredit terdiri dari mikrokontroler dan konektor sinyal murah yang membuat Arduinos ideal untuk digunakan dalam aplikasi yang terhubung atau memantau dunia luar. Arduino menggunakan lingkungan pengembangan terpadu berbasis Java dan pengguna dapat mengakses perpustakaan program, yang disebut “Wiring,” yang memungkinkan dilakukannya pemrograman yang disederhanakan. Arduino segera menjadi platform komputer utama gerakan “Maker” di seluruh dunia.

  • Lenovo mengakuisisi bisnis PC IBM

Hampir seperempat abad setelah IBM meluncurkan PC mereka pada tahun 1981, mereka hanya menjadi pemain lain di pasar bisnis yang ramai. Lenovo, produsen komputer terbesar di China, membeli bisnis komputer pribadi IBM pada tahun 2005, sebagian besar untuk mendapatkan akses ke jajaran komputer dan tenaga penjualan IBM ThinkPad. Lenovo menjadi produsen PC terbesar di dunia dengan akuisisi, kemudian juga mengakuisisi server IBM dari sisi komputer.

  • Pusat Penelitian Ames NASA superkomputer Columbia

Sejarah komputer ini dinamai untuk menghormati pesawat luar angkasa yang pecah saat masuk kembali, superkomputer Columbia merupakan bagian penting dari kembalinya NASA ke ruang angkasa berawak setelah bencana tahun 2003. Columbia digunakan dalam analisis kendaraan luar angkasa, termasuk mempelajari bencana di Columbia, tapi juga dalam astrofisika, pemodelan cuaca dan lautan. Pada saat diperkenalkan, itu terdaftar sebagai superkomputer tercepat kedua di dunia dan sistem tunggal ini meningkatkan kapasitas superkomputer super 10 kali lipat. Sistem ini disimpan di Pusat Penelitian NASA Ames sampai tahun 2013, ketika telah dihapus untuk membuat jalan bagi dua superkomputer baru.

  • Komputer laptop OLPC XO

Pada Forum Ekonomi Dunia 2006 di Davos, Swiss, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) mengumumkan akan menciptakan sebuah program untuk menyampaikan teknologi dan sumber daya ke sekolah-sekolah yang ditargetkan di negara-negara terbelakang. Proyek ini menjadi One Laptop per Child Consortium (OLPC) yang didirikan oleh Nicholas Negroponte, pendiri MIT’s Media Lab.

Penawaran pertama kepada publik mewajibkan pembeli untuk membelinya untuk diberikan kepada anak di negara berkembang sebagai syarat untuk membeli mesin untuk diri mereka sendiri. Pada 2011, lebih dari 2,4 juta laptop telah dikirim.

  • The Apple iPhone is released

Apple meluncurkan iPhone – kombinasi antara browser web, pemutar musik dan ponsel – yang dapat mendownload fungsionalitas baru dalam bentuk “aplikasi” (aplikasi) dari toko Apple online. Smartphone layar sentuh juga memiliki navigasi GPS built-in, kamera definisi tinggi, SMS, kalender, laporan suara, dan laporan cuaca.

  • The MacBook Air is released

Apple memperkenalkan notebook ultra pertama mereka – laptop ringan dan tipis dengan baterai berkapasitas tinggi. Air menggabungkan banyak teknologi yang dikaitkan dengan jajaran laptop Apple MacBook, termasuk kamera terintegrasi, dan kemampuan Wi-Fi. Untuk mengurangi ukurannya, hard drive tradisional diganti dengan disk solid-state, komputer pasar massal pertama melakukannya.

  • IBM’s Roadrunner supercomputer is completed

Roadrunner adalah sejarah komputer pertama yang mencapai kinerja berkelanjutan dari 1 petaflop (seribu triliun operasi floating point per detik). Ini menggunakan dua mikroprosesor yang berbeda: IBM POWER XCell L8i dan AMD Opteron. Ini digunakan untuk memodelkan pembusukan persenjataan nuklir AS, menganalisis data keuangan, dan membuat gambar medis 3D secara real-time. Sebuah cabang dari chip POWER XCell8i digunakan sebagai prosesor utama di konsol game Sony PlayStation 3.


Tahun 2010 – 2015

  • Tianhe-1A Supercomputer

Dengan kecepatan puncak lebih dari satu petaflop (seribu triliun kalkulasi per detik), Tianhe 1 (terjemahan: Milky Way 1) dikembangkan oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional China menggunakan prosesor Intel Xeon yang dikombinasikan dengan unit pemrosesan grafis AMD (GPU) Upgrade dan yang lebih cepat Tianhe-1A menggunakan CPU Intel Xeon juga, namun beralih ke nVidia’s Tesla GPUs dan menambahkan lebih dari 2.000 prosesor Fei-Tang (berbasis SPARC). Mesin-mesin itu digunakan oleh Chinese Academy of Sciences untuk menjalankan simulasi energi matahari besar-besaran, dan juga beberapa studi molekuler paling kompleks yang pernah dilakukan.

  • The Apple iPad is released

IPad menggabungkan banyak kemampuan populer iPhone, seperti kamera definisi tinggi built-in, akses ke iTunes Store, dan kemampuan audio-video, namun dengan layar sembilan inci dan tanpa telepon. Aplikasi, permainan, dan aksesoris membantu memacu popularitas iPad dan menyebabkan adopsinya dalam ribuan aplikasi berbeda dari pembuatan film, penciptaan seni, pembuatan musik, pengendalian inventaris dan sistem penjualan, namun beberapa nama.

  • IBM Sequoia dikirim ke Lawrence Livermore Labs

Sejarah komputer ini dibangun oleh IBM dengan menggunakan arsitektur superkomputer Blue Gene / Q mereka, sistem Sequoia adalah superkomputer tercepat di dunia pada tahun 2012. Meskipun menggunakan chip PowerPC 98.304, penggunaan daya yang rendah Sequoia membuatnya sangat efisien. Aplikasi ilmiah dan pertahanan termasuk studi tentang elektrofisiologi manusia, simulasi senjata nuklir, pemetaan genom manusia, dan perubahan iklim global.

  • Nest Learning Thermostat is Introduced

Sejarah komputer The Nest Learning Thermostat adalah produk awal yang dibuat untuk “Internet of Things” yang muncul, yang membayangkan sebuah dunia di mana perangkat sehari-hari umum memiliki konektivitas jaringan dan dapat bertukar informasi atau dikendalikan. Nest mengizinkan akses jarak jauh ke termostat rumah pengguna dengan menggunakan ponsel cerdas atau tablet dan juga dapat mengirim laporan konsumsi daya bulanan untuk membantu menghemat tagihan energi. Sarang akan mengingat suhu pengguna yang disukai oleh ‘pelatihan’ itu sendiri untuk memantau pola penggunaan sehari-hari selama beberapa hari kemudian mengadopsi pola tersebut sebagai cara baru mengendalikan suhu di rumah.

  • Komputer Raspberry Pi

Sejarah komputer ini diciptakan di Inggris oleh Raspberry Pi Foundation, komputer seukuran kartu kredit ini memudahkan penggunaan dan kesederhanaan sehingga sangat populer bagi siswa dan penggemar. Pada bulan Oktober 2013, satu juta Raspberry Pi dikirim. Baru satu bulan kemudian, satu juta Raspberry Pis lainnya dikirim. Pi beratnya hanya 45 gram dan awalnya dijual dengan harga hanya $ 25 – $ 35 Dolar A.S.

  • University of Michigan Micro Mote is Completed

University of Michigan Micro Mote (M3) adalah komputer terkecil di dunia pada saat selesai. Tiga jenis M3 tersedia – dua jenis yang mengukur suhu atau tekanan dan satu yang bisa mengambil gambar. Gerakan itu didukung oleh baterai kecil dan bisa mendapatkan energi cahaya melalui fotosel, yang cukup untuk memberi makan sejumlah kecil energi yang sedikit banyak dikonsumsi (1 picowatt). Motu juga dikenal sebagai “smart dust,” karena maksudnya ukurannya yang mungil dan harganya murah membuat mereka cukup murah untuk “taburi” di dunia nyata sebagai sensor. Ahli ekologi, misalnya, dapat memercikkan ribuan motes dari udara ke lapangan dan mengukur suhu dan kelembaban tanah, udara, dan sinar matahari, memberi mereka data real-time yang akurat tentang lingkungan.

  • Apple Watch

Membangun komputer menjadi faktor bentuk jam tangan telah dicoba berkali-kali namun pelepasan Apple Watch mengarah pada tingkat kegembiraan yang baru. Dengan menggabungkan versi sistem operasi Apple iOS, serta sensor untuk pemantauan lingkungan dan kesehatan, Apple Watch dirancang untuk digabungkan ke lingkungan Apple dengan kompatibilitas dengan iPhones dan Mac Books. Hampir satu juta unit dipesan pada hari peluncuran. Watch diterima dengan sangat antusias, namun kritikus mengambil masalah dengan baterai yang agak terbatas dan harga tinggi.

Source Perangkat Sejarah Komputer : www.computerhistory.org

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.