Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi

sejarah komputer singkat

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer Singkat – Berbicara tentang sejarah komputer bahwa pada zaman dulu komputer digunakan untuk menghitung angka saja, dan sekarang komputer sudah digunakan untuk berbagai macam keperluan untuk meningkatkan kinerja manusia dalam melakukan pekerjaannya.

Apakah kamu tau handphone sekarang ini itu juga termasuk komputer? betul, karena pada dasarnya komputer adalah alat bantu pekerjaan manusia dalam melakukan sesuatu dan pada saat ini komputer digunakan bukan untuk menghitung angka tetapi sudah bisa dapat mengolahan data.

Pada kali ini kita akan membahas sejarah komputer singkat dan sejarah perkembangan komputer lengkap. Berikut pembahasannya.

Penemu Komputer Pertama Kali

penemu komputer
abulyatama.ac.id

 

Beliau dikenal oleh banyak orang dengan diberi julukan ‘bapak’nya komputer. Beliau adalah orang yang pertama kali menemukan komputer, banyak sekali hasil karya yang dibuat oleh beliau yang membuat komputer bisa berkembang sampai sekarang ini. Salah satu penemuan komputer yang dibuat oleh beliau yaitu difference engine yaitu mesing penghitung. Sejarah komputer yang beliau temukan akan tetap diingat dan dihargai melalui The Charles Babbage Foundation

Pada kali ini kita akan membahas tentang sejarah komputer lengkap generasi ke generasi :

 

Sejarah Komputer Generasi ke Generasi

Generasi Pertama

sejarah komputer singkat
sejarah komputer singkat generasi pertama

Pada generasi pertama atau pada tepatnya tahun 1946 komputer dibuat menggunakan tabung vakum, yaitu sebagai komponen dasar pembuatan komputer. Dilihat pada gambar tersebut bahwa komputer pada generasi pertama memerlukan space tempat yang sangat luas dan sangat tidak efisien dalam pekerjaannya. Pada pengoperasian komputer tersebut memerlukan daya listrik yang besar dan komponen-komponen sering mengalami masalah.

ENIAC merupakan komputer generasi pertama yang menggunakan 18.000 tabung vakum yang beratnya kira-kira mencapai 30 ton, ENIAC sendiri menggunakan daya listrik yang sangat tinggi yaitu mencapai 140 kilo watt dan komputer ini dibuat dengan bahasa tingkat rendah yakni bahasa mesin. Instruksi-instruksinya hanya komputer yang tahu karena instruksinya berupa seperti biner

Salah satu perangkat lunak yang pertama yaitu komputer yang didesain menyerupai pesawat yang menggunakan konsep yang dibuat oleh seorang insinyur yang bernama Konrad Zuse.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi pertama yaitu :

  • Perangkat komputer yang begitu besar dan membutuhkan space yang luas untuk menampungnya
  • Membutuhkan daya listrik yang besar
  • Kinerja yang tidak efektif
  • Perangkat komputer yang cepat panas
  • Diprogram menggunakan bahasa mesin
  • Magnetic Core Storage digunakan sebagai memori utama

Generasi Kedua

sejarah komputer singkat generasi kedua
sejarah komputer singkat generasi kedua

Periode sejarah perkembangan komputer pada generasi kedua sudah tidak menggunakan tabung vakum lagi, tetapi menggunakan transistor sebagai komponen komputer. Menggunakan transistor jauh lebih efektif dan efisien dari pada menggunakan tabung vakum

Ukuran komputer yang menggunakan transistor lebih kecil dari pada generasi pertama dan menggunakan daya listriknya juga lebih kecil.

Komputer ini di program menggunakan bahasa assembly karnea bahasa assembly merupakan bahasa tingkat rendah yang akan menerjemahkan bahasa mesin, dengan kata lain programmer sudah bisa melakukan instruksi-instruksi yang ada pada komputer.

Super Komputer adalah komputer pertama yang menggunakan mesin ini, yang dimana komputer ini dikembangkan untuk peneliti atom karena bisa mengatasi data-data dengan jumlah yang besar.

Pada sejarah komputer generasi kedua muncul sejarah baru yang meluncurkan produknya untuk digabungkan dengan komputer untuk berbisnis. Produk tersebut seperti disket, printer, RAM, dan juga sistem operasi.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi kedua yaitu :

  • Perangkat komputer yang jauh lebih kecil dari pada generasi pertama
  • Membutuhkan daya listrik yang cukup kecil
  • Telah menggunakan bahasa program tingkat tinggi seperti fotran dan cobol
  • Tempat penyimpanan magnetic core storage telah dikembangkan
  • Kinerja yang jauh lebih efisien dari sebelumnya
  • Bisa melakukan real sharing dan real time

Generasi Ketiga

sejarah komputer generasi ketiga

Sejarah komputer di generasi ketiga ini sudah menggunakan teknologi Integrasi Circuit (IC). Generasi sebelumnya yang hanya menggunakan transistor telah digantikan oleh teknologi baru tersebut. Tetapi transistor masih digunakan sebagai komponen pembantu IC, selain transistor masih ada kapasitor dan juga resistor sebagai komponen pembantu.

Orang yang pertama kali berhasil mengembangkan IC adalah seorang insinyur listri yang bernama Jack Kilby. Berkat penemuannya, kini berhasil meningkatkan performa komputer sehingga bisa lebih efesien kinerja dari komputer.

Sejarah komputer generasi ketiga sudah mulai memudahkan operator dalam berinteraksi dengan komputer menggunakan keyboard dan monitor. Dengan harga yang terjangkau maka masyakat umum bisa menggunakannya.

IC sendiri sudah ada dari tahun 1960, dan pertama kali dibuat oleh Texas Instrumets dan Fairchild tetapi pada saat itu baru terbuat 6 transistor saja. Bisa dibayangkan untuk transistor pada saat ini sudah berjuta-juta transistor yang ada pada prosesor saat ini.

Ciri-ciri sejarah Komputer generasi ketiga yaitu :

  • Perangkat komputer yang jauh lebih kecil dari pada generasi-generasi sebelumnya
  • Membutuhkan daya listrik yang lebih hemat
  • Harga yang lebih terjangkau
  • Terisi lebih banyak software dari pada generasi sebelumnya
  • Sudah menggunakan IC yang membuat lebih dari 5000 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya
  • Bisa melakukan multitasking dan multiprocessing
  • Bisa berkomunikasi dengan komputer lain

Generasi Keempat

sejarah komputer generasi keempat

Sejarah komputer singkat generasi keempat yaitu dimana komputer yang menggunakan microprosesor. Komputer ini menggunakan microprosesor sebagai komponen dasar. Didalam chip microprosesor terdapat ribuan transistor dan beberapa elemen circuit yang terhubung menjadi satu kesatuan.

Salah satu yang berpengaruh dalam perkembangan microprosesor yaitu Intel. Karena intel telah berhasil menciptakan intel 4004 chip yang membuat perkembangan komputer yang pesat hingga saat ini. Sedangkan pada tahun 1970an IBM sengaja membuat komputer yang didesain untuk para pengguna rumahan.

Sudah banyak kemajuan yang diraih pada generasi pada generasi keempat ini, salah satu contohnya dibuatnya mouse, tampilan GUI, Smartphone, dan laptop. Untuk saat ini komputer-komputer yang ada pada saat ini belum layak disebut PC, karena sampai saat ini belum ada yang PC-compatible ataupun machintos-compatible sebagai standar Personal Computer (PC).

Karena istilah Personal Computer (PC) banyak pelaku pasar bisnis yang membuat produk untuk sektor perorangan. Maka dari itu muncul komputer jinjing (laptop ) untuk memenuhi itu semua.

Berikut adalah penjelasan tentang sejarah komputer singkat dan sejarah komputer dari generasi ke generasi. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.