Jenis Tipe-Tipe Kabel USB yang Pernah Digunakan Sehari-hari!

Jenis tipe-tipe USB

Kabel USB merupakan kabel USB yang paling sering digunakan pada saat ini diperangkat elektronik modern saat ini, alasan tersebut dikarenakan kabel USB (Universal Serial Bus) memiliki desain standar yang bisa digunakan pada banyak perangkat elektronik mulai dari printer, scanner, keyboard, mouse, hingga smartphone.  Ada banyak jenis-jenis USB atau tipe-tipe USB yang saat ini sering digunakan.

Perangkat-perangkat tersebut memang tidak lepas akan kebutuhan kabel USB.

tipe-tipe-usb

Kabel USB umum digunakan pada perangkat elektronik yang biasanya digunakan untuk menghubungkan pada perangkat yang lainnya. Jenis tipe-tipe kabel USB ( Universal Serial Bus ) dihadirkan untuk menghubungkan perangkat dengan perangkat lainnya, seperti ; PC ke Smartphone, PC ke Printer, PC ke Mouse dan Keyboard dll..

Tetapi tipe-tipe USB tidaklah digunakan sebagai penghubung saja tetapi bisa digunakan untuk transfer data/sebagai sambung jaringan menggunakan bantuan aplikasi seperti pdanet.

Berikut Jenis Tipe-Tipe USB Saat Ini.

  • USB Tipe A

USB-Tipe-A
Usb Tipe A merupakan salah satu tipe USB yang banyak dan sering digunakan sampai saat ini. Dengan bentuk persegi panjang dan memiliki ukuran yang lebar diantara tipe USB yang lainnya.

USB ini banyak ditemukan hampir semua Laptop dan perangkat komputer. Bukan hanya laptop saja masih ada yang lainnya yang menggunakan USB tipe A ini seperti konsol game PS ( PlayStation ), Blu-Ray player, Xbox dll.. Port tersebut digunakan untuk sebagai sambungan controller/gamepad.

  • USB Tipe B

USB Tipe BUSB tipe B ini memang jarang terdengar bagi pengguna teknologi, karena USB tipe B ini biasanya untuk menghubungkan antara komputer ke printer atau scanner. Meski memiliki bentuk persegi tetapi ukurannya tidak selebar sebelumnya, USB tipe A.

Dari banyaknya tipe USB hanya tipe ini yang tidak terlalu banyak yang tahu karena USB tipe B jarang sekali digunakan.

  • USB Tipe C

USB Tipe CUSB tipe C merupakan tipe USB yang digadang-gadang akan banyak digunakan dibanyak perangkat baru. Karena USB tipe C mempunyai kecepatan transfer data yang sangat cepat dari tipe-tipe sebelumnya yaitu USB tipe A dan USB tipe B.

USB tipe C sudah banyak digunakan di laptop dan smartphone kelas menengah keatas sebagai tempat pengisi daya dan transfer data, Seperti contohnya pada Samsung Galaxy A20, dan ultrabook.

  • Tipe Mini USB

mini usb
Mini USB ini sebenarnya dulu sering dipakai sebelum Micro USB muncul seperti sekarang ini. Mini USB banyak digunakan mulai dari HP, Mp3 Player, dan perangkat-perangkat lainnya.

  • Tipe Micro USB

micro usbMicro USB sampai saat ini masih digunakan dibanyak smartphone dan perangkat-perangkat lainnya. Micro USB ini bentuknya hampir mirip seperti mini USB tetapi micro USB  ini memiliki ukuran yang lebih ramping lagi ketimbang mini USB.

  • Tipe USB Superspeed Micro B

USB Superspeed Micro B
Tipe USB Micro B ini sama seperti halnya  USB tipe B yang sama-sama jarang ditemukan keberadaannya. Tetapi dibandingkan dengan USB tipe B micro B ini lah yang lebih jarang ditemukan dan digunakan.

Biasanya tipe USB Micro B ditemukan ketika menyambungkan harddisk eksternal ke PC, laptop, ataupun ke televisi. Sesuai dengan namanya yaitu USB Micro B superspeed yang mempunyai kecepatan dalam transfer data hingga 5 Gbps.

  • Tipe USB Lightning

USB lightningJenis USB lightning merupakan usb yang digunakan diberbagai produk buatan apple. USB lightning didesain khusus oleh apple untuk digunakan menyambungkan perangkat ke perangkat lainnya, seperti iphone atau ipad ke powerbank, adaptor listrik, ataupun komputer.

You May Also Like

Avatar

About the Author: @one

Blogger, Menyukai dunia Technical IT, Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain dan tertarik dengan dunia marketing online khususnya Search Engine Optimization.